Sabtu, Januari 25, 2014

Januwari dua ribu empat belas, empat ribu dua lapan

Gw selalu kesulitan untuk membangun kata-kata ketika mulai menulis. Kalah sama Bandung Bondowoso. Bandung Bondowoso mampu membangun seribu candi dalam waktu satu malam, guwe cuma bisa bangun malam-malam lantaran kebanyakan ngopi. Gak ngerti Bandung Bondowoso? Coba gugling deh.

Postingan kali ini gw rada-rada geli gituh. Gw bingung mau pake kata ganti apa pas nulis curhatan kek gini. Pakai ‘aku-kamu’ katanya kek orang pacaran. Pakai ‘saya’ malah kek presiden pas curhat. Pakai ‘guweh’ malah jadi laper. Mmmm.. itu kuweh bos.  Ok kita sepakat pakai ‘gw’.Eh ‘gw’ malah kek inisialnya Gita Wirjawan.

Bulan Januari gini, biasanya sisi romantis gw muncul dengan  manisnya. Langit mendung, hujan turun sepanjang hari, dan gerimis adalah elemen seksi yang gak semua orang mampu menangkapnya. Cuma gw. Ya, cuma gw. Kalau orang lain hujan turun bilang gini ; yah..hujan, gw bilang ; yes, hujan!

Situasi kek di atas, gak ada cara menyikapi dengan lebih baik selain libur. Di luar negeri kan ada libur musim panas, seharusnya di Indonesia ada libur musim hujan, libur musim duren, libur musim rambutan, libur musim layangan, kan keren tuh. Jadi pas turun hujan pagi hari, otomatis sekolah dan kantor diliburkan.

Ngomongin libur, bulan ini cuma ada jatah tambahan libur dua hari. Yang jatah satu hari, sudah diambil lembur.Tinggal satu. Itu membuktikan betapa gw mata duitan.

Sebagai bapak-bapak labil, sudah semestinya gw rajin ‘menjemput rezeki’. Itu bahasa keren dari kata-kata ‘bekerja keras’. Walaupun gw tahu, bekerja keras gak selalu berbanding lurus dengan banyaknya rezeki yang kita dapat, paling tidak gw sudah mempraktekan nasihat nenek moyang yang sudah dianut sejak Gajah Mada masih kuliah di Jogja. Kerja mah apa saja yang penting capek.

Sebenernya sih kerja gw gak capek-capek amat. Gw senang  menjalaninya. Karena  bagi gw pekerjaan gw itu bermain, dan hobi gw bekerja. Apa? Libur? Libur itu bagi gw hobi juga. Hobi gw kan banyak. Daftar hobi gw ; bekerja, libur, membaca, menulis, berhitung, bersepeda dan bercinta.
Gw bersepeda juga gak sering-sering amat. Paling cuma hari Jum’at. Sekalian di pabrik ada senam. Tapi belakangan senamnya jadi rada-rada kurang seru. Banyak jogetnya. Ya oplosanlah, ya cabe-cabeanlah, gw gak ngerti. Sedangkan gw terlalu lelet untuk cepat menghafal gerakan-gerakan kek gitu. Kalau kamu cowok dan otak kamu cepat hafal gerakan-gerakan senam, gw saranin mending bikin boiben ajah. Suara nomor sekian, yang penting mas Dani yes, gak tahu kalo mbak Titi sama mas Anang. Pokoknyamah sepeda itu Bike to Work, baik buat kerja.

Gw juga suka banget nonton film. Yah semenjak transtipi dan globaltivi terinvasi acara gajebo, eh globaltipi belum ding, tapi sekalinya ada, pasti filmnya Steven  Seagal melulu, gw jarang nonton. Paling buffering di yutub yang tanpa subtitle. Gw paham jalan ceritanya hanya dari gestur, mimik dan ekspresi pemainnya. Bahasa Inggris gw kan cuma dapet 6. Atau kalo gak donlot.

Nah sekarang, hampir setiap Sabtu siang, di pabrik ada acara nonton bareng gituh. Dan kadang nafsu nonton itu kebawa juga sampe rumah. Pas nyalain komputer, terus mulai muter film, istri gw reseh.

‘Daripada nonton film, mendingan belajar’ kata istri gw. Ih, gw berasa jadi anak SD ya. Tapi pas gw bawain serial anime Hunter X Hunter segede 4 giga lebih, istri gw abisin dalam dua hari. Dulu pernah gw bawain serial Korea gituh, eh nontonnya pake air mata segala. Sedangakan gw pake melotot mata segala. Mantengin indahnya ciptaan Tuhan yang konon katanya udah dioprek-oprek itu.

Sejauh ini film yang bikin gw sesenggukan itu baru 3 Idiots, Taree Zamen sama Pursuit of Happiness.
Tapi sudahlah, Januari penuh hujan, dan gw masih penuh cinta.

Tidak ada komentar: