Sabtu, Maret 08, 2014

cita cita cita cita

Baiklah, gw mau cerita tentang cita-cita. Semua gegara temen gw yang memfoto uban gw. Gw akui bahwa alam telah memberitahu dengan sangat sopan ketuaan gw. Melalui kehadiran uban gw yang diam-diam.

Sudah beberapa minggu ini adegan purba kek mamalia mencari kutu yang dilakukan istri gw terhadap uban gw, absen. Biasanya dengan terpaksa istri gw mencabut uban gw yang malu-malu nongol. Istri gw lebih suka gw ubanan. Sedangkan aura kegenitan gw bilang, belum waktunya gw ubanan. Tapi keknya alam lebih jujur. Usia gak bisa bohong kek lidah.

Mau ngomongin cita-cita kok malah ngomongin uban? Oke itu hanya prolog. Gw mau ngajak kalian mundur menengok masa kecil gw. Gak penting sih, cuma gak penting ajah. Huaah! Cekdisout !

Dokter forensik
Sewaktu kecil, gw suka banget ngubur binatang mati kek ayam, kucing, ikan, dan kodok. Gw bacain do’a, taburin bunga, pasangin nisan, trus pake adegan sedih-sedih gitu. Beberapa hari kemudian gw gali lagi kuburan itu untuk melihat proses pembusukan. Organ mana yang lebih dulu membusuk itulah yang gw simpulkan sebagai sebab kematiannya. Harusnya gw sekarang jadi ahli forensik kek almarhum pak Mun’im Idris, tapi sekarang gw mual-mual kalau lihat bangkai busuk.

Dokter
Gw dulu suka geregetan lihat temen yang punya kutil atau bintil-bintil nanah. Kutil gw gunting, nanah gw tusuk pakai duri pohon jeruk. Gw bersihin. Harusnya kan gw jadi dokter kandungan. Eh bukan, bayangan pengen jadi dokter kandungan muncul selepas masa puber. Karena semasa kecil gak ada referensi sedikitpun tentang profesi laki-laki yang paling yahud sejagad itu kek dokter Boyke. Tapi keknya gw gak berbakat jadi dokter. Padahal tulisan gw jelek banget.

Seniman dan orator
Dari kecil gw hobi gambar pakek arang sisa kayu bakar. Gambar di dinding lumbung, di dinding kamar, kek manusia cro magnon. Gw juga suka seolah-olah ngomong di mimbar, pake meja makan yang di berdirikan, pakek semprong peniup api. Pas SMA suka puisi, suka ngarang. Gw jago ngarang. Jawab ujianpun gw ngarang.

Penyanyi
Gw gak bisa nyanyi sejak kecil. Suwara gw serak. Napas pendek-pendek. Gw suka musikpun setelah SMP-SMA gitu. Pertama suka lagunya bang Rhoma, terus bang Iwan Fals. Pokoknya gw gak bisa nyanyi. Kalau Afghan nyanyi bikin cewek-cewek hatinya meleleh, kalau gw nyanyi, bikin orang menguap terus tidur. Oke, paling tidak hukum fisika di sini berlaku.

Arsitek
Oke, bagian ini gak usah gw ceritain. Gw dulu suka bikin rumah-rumahan, tapi setelah jadi gw ancurin atau gw bakar.

Tentara
Gw sebenernya rada anti sama yang namanya army-army gitu. Gw  gak suka atribut-atribut tentara. Baju doreng apalagi. Gw alergi gitu. Paling-paling gw suka sama senjata dan botol minumnya tok. Sama tentara-tentara resmi gw juga gak begitu suka. Gw lebih suka tentara-tentara pemberontak, gerilyawan atau para rebel.

Logo & simbol
Gw suka banget sama simbol, logo, dan ikon. Gw suka bulan bintang, palu arit, swastika, salib, bintang Daud, logo volkswagen, Mercy, honda, iluminati , dagadu atau logo toko material, counter hape, bank mandiri, tipiwan, escetepe, atau gemokred, geng motor kreditan. Ada yang dianggap suci, dilarang, asik juga lucu. Gw sih asik-asik aja, wong semua itu ciptaan manusia. Seumur-umur, gw cuma terganggu sama logonya monster energi. Gak tahu kenapa gw merasa gak nyaman kalo lihat logo itu.

Pokoknya gitu, sekian, kita kembali ke setudio

2 komentar:

Unknown mengatakan...

wah... ternyata .....
ternyata....
kurang satu ....
pak ali berjiwa komedian, wah harus ikutan stand-up comedy ni...parah...keren..:)

pinsiltempur mengatakan...

baru tau ya? udah dari bayi