Senin, Oktober 17, 2011

Guwe, polisi Malaysia, dan helmnya



Salam, apa kabar? Kali ini guwe (anda bayangkan kalo kata ini diucapkan orang Jawa medok seperti saya, betapa menggergajinya kata ini :D).

Lanjuuuuut, guwe mau cerita tentang sebuah profesi yang menurut guwe sangat memprihatinkan. Bayangin aja, bertahun-tahun bajunya itu-ituuuu aja. Gak bosen apa?, udah gitu kebanyakan kesempitan. Gak ada yang gombrong, gak ada yang gaul, gak ada yang menggergaji… :D

Oke, guwe kasih tahu ya profesi ini kerjannya ngatur-ngatur lalu lintas, terus nangkepin penjahit, eh penjahat. Yang kedua inilah yang guwe rasa paling keren. Yang pertama? guwe punya beberapa pengalaman buruk dengan tugas yang pertama tadi.

Guwe pernah diminta uang sebesar dua puluh ribu rupiah gara-gara guwe gak pake helm waktu naik motor. Guwe tawar-tawar ga boleh, katanya suruh tanya toko sebelah.

Guwe juga pernah di tanya sambil nyolot sama seseorang yang pakaiannya sama dengan orang yang minta duit dua puluh ribu tadi (huh! Akibat salah baju kali!). Guwe sampe telepon dendam (oi, kalo telpon tuh genggam). Maksudk guwe, guwe dendam. Guwe sampe berharap jangan sampe anak guwe jadi polisi yang suka minta duit.

Guwe juga pernah diminta duit seratus lima puluh ribu perak gara-gara guwe sama istri guwe gak pake helm, gak bawa STNK, gak bawa SIM (ini salah guwe) trus KTP guwe lain sama TKP (maksud guwe, guwe tinggal di mana, kejadiannya di mana, gitu) Terus dia marah-marah waktu guwe minta bonnya. Udah gitu temennya baca Koran yang guwe beli. Tambah sebel gak guwe? Sebel gak? Sebel gak?

Oke, guwe akuin, untuk masalah Koran, mungkin ini karma. Bertahun lalu guwe pernah nyolong korannya pak polisi, gara-gara guwe keranjingan baca :D. Maaf ya pak Pol.

Pernah waktu guwe berangkat kerja, angkot yang guwe naikin, ngetemnya dua ratus juta tahun. Dari jaman dinosaurus belum punah, sampai jamannya telpon dendam J. Bete juga sih, tapi kebeteanku terbayar lunas pake bunga berbunga tujuh turunan. Ada pak Polisi yang mencoba menghentikan beberapa sepeda motor. Mungkin berharap ada satu dua pengendara yang gak bawa SIM, gak bawa STNK, gak pake helm SNI atau gak pake celana dalem (apaan sih?). Siapa tahu bisa digergaji, maksudku dimintain duwitnya gitu. Tapi yang bikin guwe girang bukan kepalang, semua pengendara yang di hentikan tadi, onderdilnya lengkap, helm, SIM, STNK, jaket, tutup pentil, peniti, jarum, lipstick ,blas on bulu mata palsu, parfum (stop-stop! Ini mo kerja apa mangkal ?) semua ada. Jadi menggergajilah sang pak pol. Dan dengan gaya sok gak butuh, mempersilakan kembali para pengendara tadi untuk melanjutkan perjalanan.

Kalian tahu apa yang guwe rasakan waktu itu? Rasanya guwe pengen turun, menyalami mereka satu persatu, dan kemudian memeluknya dengan penuh kehangatan, tapi guwe gak jadi, takut dikira homo stress.

Pernah juga ngeliat pak Pol pake helm di dengkul sambil naik sepeda motor. Guwe gak mau ber-suudzon dengan keadaan ini, maka guwe berpendapat bahwa mungkin sesuatu yang penting di kepalanya sudah berpindah ke lututnya sehingga perlu dilindungi sungguh-sungguh. Saran saya, SMS ke 9818, cuma satu rupiah kok, untuk melindungi dengkul pak Polisi labil tersebut. (Oi, itu SMS buat vote Komodo tauk!)

Melihat adegan tadi, guwe pengen teriak Cut! Cut! Ekspresinya mana? SIM lo mana? Kepala lo mana? Tapi urung, karena angkot yang guwe naikin, kali ini gak ngetem.

Ya sudahlah, eh, satu lagi, guwe pernah mau memfoto polisi labil di depan kantor guwe, polisi tersebut ngeboncengin istrinya, dua-duanya gak pake helm. Tapi sial, HP guwe keburu lobet. Selamatlah polisi tersebut dari tilangan guwe.

Oke…oke udah dulu ya, guwe gak mau mengada-ada tentang kelakuan pak Pol yang labil kek gitu. Semua yang guwe tulis tuh bener. Sumprit deh, kalo gak percaya silakan tanya toko sebelah.

Tapi percaya deh, tokoh-tokoh polisi di atas bukan polisi Indonesia lho, mungkin Polisi Diraja Malaysia yang sudah dinaturalisasi. :D

Tidak ada komentar: